Home » artikel » Jambu Mete

Jambu Mete

Hasil gambar untuk kandungan gizi jambu mete

Jambu mete (Anacardium occidentale) merupakan tumbuhan yang berasal dari Brasil. Tanaman ini merupakan tanaman terpenting di India, Brasil dan Vietnam. Buah sejatinya, yaitu kacang mete, memiliki rasa yang enak dan buah semunya mempunyai nilai gizi yang tinggi seperti vitamin C, mineral, kalsium, fosfor dan besi (Vivek dkk., 2012). Tanaman ini telah lama digunakan oleh masyarakat sebagai tanaman obat. Beberapa bagian tanaman ini dapat digunakan sebagai sumber bahan obat tradisional seperti daun, biji, dan buah semu. Daun jambu mete mengandung sejumlah senyawa seperti flavonoid, fenolat dan tanin (Fidrianny, 2012).

Tanaman jambu mete dapat menghasilkan banyak produk. Kulit dan daun digunakan untuk pengobatan. Kacang mete mempunyai daya tarik internasional dan nilai pasar sebagai makanan. Bahkan Cashew Nut Shell Liquid (CNSL) biasanya digunakan untuk industri plastik dan resin (Dare dkk., 2011). Selain itu CNSL dapat dimanfaatkan sebagai minyak cat, tinta, insektisida sertas pelapis rem dan kopling. Tanamanini juga memiliki beberapa keunggulan, antara lain bersifat tahan kering, cepat tumbuh dan memilki sistem perakaran yang dalam. Tanaman ini sangat sesuai untuk merehabilitasi lahan-lahan kritis serta gersang, sekaligus berfungsi sebagai tanaman pengendali erosi (Suprapti,2004).

Daun jambu mete berbentuk bulat telur dengan bagian bulat pada ujungnya dan runcing pada bagian pangkalnya. Daun ini merupakan daun tunggal yang letaknya tersebar. Warna daun bervariasi antara hijau muda hingga hijau tua dengan panjang berkisar antara 10-12 cm dan lebar 4-10 cm (Suprapti, 2004). Menurut Nugroho., dkk (2013) daun jambu mete mengandung senyawa aktif seperti karbohidrat, tanin, saponin, resin dan alkaloid.

Sebuah analisis fitokimia juga telah dilakukan pada ekstrak daun jambu mete menunjukkan adanya tanin dalam konsentrasi tinggi (Varghese dkk., 2013). Senyawa golongan fenol, flavonoid dan tanin merupakan kontributor utama dalam aktivitas antioksidan daun jambu mente. Kandungan tanin pada daun jambu mete adalah sebesar 2,04% (Fidrianny dkk., 2012).

Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi pada 100 gr Buah Jambu Mete :

Energi : 64 kkal
Protein : 0,7 gr
Lemak : 0,6 gr
Karbohidrat : 15,8 gr
Kalsium : 4 mg
Fosfor : 13 mg
Zat Besi : 1 mg
Vitamin A : 25 IU
Vitamin B1 : 0,02 mg
Vitamin C : 197 mg

 

artikel

No Comments to “Jambu Mete”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*