Home » artikel » Uncategorized » Ubi Jalar Ungu

Ubi Jalar Ungu

Ubi jalar ungu merupakan tumbuhan yang merambat dan dapat tumbuh disegala cuaca baik di daerah pegunungan maupun di pantai. Ada tiga jenis ubi jalar yaitu berwarna putih, merah dan ungu. Khasiat ubi jalar didapatkan dari kandungan kimia yang ada didalamnya. Ubi jalar tumbuh di segala macam  tanah, namun lebih cocok pada tanah pasir berlempung yang halus dengan pH 5,6 – 6,6 dan suhu 24 – 250C pada kisaran curah hujan 750-1250 mm (Koeswara, 2008).

Kedudukan taksonomi ubi jalar menurut Rukmana (1997), diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Convolvulales
Famili : Convolvulaceae
Genus : Ipomea
Spesies : Ipomea batatas

 Ubi Jalar Ungu Cegah Kanker

 

Ubi ungu mengandung pigmen antosianin yang lebih tinggi dari pada jenis lain. Pingmen antosianin pada ubi ungu lebih stabil bila dibandingkan dengan antosianin dari kubis merah, elderberry dan jagung merah. Pingmen antosianin yang    dimiliki    adalah    senyawa cyaniding acylglukosidase dan peonidin acylglukosidase (Yasinaga,1995).

Kandungan kimia dan karakteristik ubi jalar ungu 100 gram adalah sebagai berikut:

Sifat kimia dan fisik Jumlah
Kadar air (%b/b) 67,77
Kadar abu (%b/k) 3,28
Kadar pati (%b/k) 55,27
Gula reduksi (%b/k) 1,79
Kadar lemak (%b/k) 0,43
Kadar antosianin (mg/100 g) 923.65
Aktifitas antioksidan (%) 61.24
Warna (L) 37,50
Warna (a) 14,20
Warna (b) 11,50

Sumber: Widjanarko (2008)

 

Kandungan ubi jalar ungu antara lain adalah vitamin (A, B1, B2, C dan E), mineral (kalium, kalsium, magnesium, tembaga dan seng), serat pengan serta karbohidrat. Bila dibandingkan varietas ubi jalar putih dan oranye, ubi ungu memiliki kandungan nutrisi berupa lisin, Cu, Mg, K, Zn yang berjumlah rata-rata 20% (Koeswara, 2008).

Di beberapa negara berkembang, umumnya ubi jalar dikonsumsi setelah panen tanpa adanya penyimpanan. Pengolahannya sebatas pada proses pemanggangan, penggorengan dan perebusan (Juanda et al., 2000). Sedangkan di Negara maju, ubi jalar diolah menjadi beberapa jenis makanan yang lebih kreatif sehingga mampu meningkatkan nilai jual produk. Di Jepang, ubi jalar dijadikan makanan tradisional yang publisitasnya setaraf dengan pizza dan hamburger, selain itu juga dimanfaatkan dalam dunia tekstil,  kosmetik, kertas, lem dan produk pangan lainnya. Lain lagi dengan Amerika, ubi jalar diolah menjadi bahan subtitusi kentang, serta diolah menjadi gula fruktosa sebagai bahan baku minuman bersoda (Koeswara, 2008).

Uncategorized

No Comments to “Ubi Jalar Ungu”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*