Home » artikel » Minuman Probiotik

Minuman Probiotik

5 November 2015

Minuman Probiotik

Minuman probiotik termasuk ke dalam makanan fungsional yang memiliki kandungan komponen aktif dan dapat memberi efek terhadap kesehatan. Minuman probiotik mengandung bakteri asam laktat hidup dan merupakan antagonis terhadap pertumbuhan bakteri patogen di dalam saluran pencernaan manusia (Prangdimurti, 2001). Jenis fermentasi yang sering digunakan dalam pembuatan minuman probiotik yaitu fermentasi asam laktat, seperti halnya yang digunakan dalam pembuatan yogurt (Khotimah, 2013).

Shah (2001) mengatakan bahwa terdapat beberapa pokok persoalan yang harus diperhatikan dalam pengembangan produk probiotik diantaranya :

1. Viabilitas organisme probiotik

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan penurunan viabilitas yaitu keasaman produk, produksi asam oleh bakteri selama penyimpanan, tingkat oksigen dalam produk, sensitivitas terhadap substansi mikrobia dan kurangnya ketersediaan nutrisi pada substrat.

2. Toleransi terhadap asam dan bile

Salah satu kriteria penting dalam menyeleksi organisme probiotik adalah kemampuannya bertahan dalam kondisi asam pada produk dan lambung, dimana pH asam lambung dapat mencapai 1,5 maupun kondisi bile dalam saluran pencernaan.

3. Antagonisme antar bakteri

Probiotik menghasilkan asam laktat, asam asetat, asam sitrat, asam hippuric, serta senyawa lain seperti hidroperoksida, diasetil dan bakteriosin sebagai substansi anti mikroba. Substansi penghambat ini menciptakan lingkungan yang tidak disukai organisme patogen dan pembusuk.

4. Komponen adherence (pelekat)

Pengaruh penting probiotik bagi kesehatan dapat dirasakan apabila memiliki kemampuan melekat pada dinding sel, berkolonisasi dan memperbanyak diri dalam intestine sehingga dapat berkompetisi dengan bakteri-bakteri merugikan.

Produk minuman probiotik dikatakan sebagai pangan fungsional karena mengandung bakteri asam laktat sebagai probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan. Dinding sel bakteri asam laktat diketahui dapat mengikat senyawa mutagen dan karsinogen pemicu kanker dan juga dapat menyerap kolesterol. Menurut Ernawati (2010), selain manfaat tersebut beberapa efek kesehatan selama pengkonsumsian produk minuman probiotik diantaranya mencegah dan mengatasi diare dengan cara berkompetisi dengan bakteri patogen dalam memperebutkan nutrien dalam usus. Peran nonspesifik lain dari produk probiotik yaitu mampu menurunkan reaksi hipersensitivitas terhadap susu sapi, meningkatkan sistem imun, mencegah kanker kolon dan mengurangi resiko konstipasi.

Beberapa produk minuman probiotik yang telah dikenal beserta bakteri yang berperan di dalamnya dapat dilihat pada Tabel berikut:

Tabel Produk Minuman Probiotik dan Bakteri yang Berperan

Produk

Bakteri Asam Laktat yang Berperan

Kefir

Yogurt

Dadih

Yakult

Lactobacillus sp, yeast*

Lactobacillus bulgaricus, Streptococcus thermophilus**

Lactobacillus plantarum**

Lactobacillus casei strain Shirota***

Sumber : *Stadie et al., (2013); *Sunarlim et al., (2007); *Heimbach (2012)***

artikel

No Comments to “Minuman Probiotik”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*