Home » artikel » Tomat (Solanum lycopersicum L)

Tomat (Solanum lycopersicum L)

16 September 2015
Tomat (Solanum lycopersicum L)

  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas: Asteridae
  • Ordo: Solanales
  • Famili: Solanaceae (suku terung-terungan)
  • Genus: Solanum
  • Spesies: Solanum lycopersicum L

Tomat mengandung likopen yang merupakan bahan alami yang ditemukan dalam jumlah besar pada tomat dan pada buah-buahan berwarna merah lain seperti semangka, pepaya dan jambu (Anonymous 2011d). Likopen merupakan kelompok karotenoid seperti beta-karoten yang bertanggungjawab terhadap warna merah pada tomat. Likopen memiliki kemampuan dalam meredam oksigen tunggal dua kali lebih baik daripada beta karoten dan sepuluh kali lebih baik dari pada alfa-tokoferol. Tomat yang diproses menjadi jus, saus dan pasta memiliki kandungan likopen yang lebih tinggi dibandingkan dalam bentuk segar. Sebagai contoh, jumlah likopen dalam jus tomat bisa mencapai lima kali lebih banyak daripada tomat segar. Para peneliti menduga, tomat yang dimasak atau dihancurkan dapat mengeluarkan likopen lebih banyak, sehingga mudah diserap.

Tabel Kandungan zat gizi buah Tomat masak ( tiap 100 gram )

Komponen

Jumlah

Vitamin A (SI)Vitamin B (mg)

Vitamin C (mg)

Karbohidrat (gr)

Lemak (gr)

Protein (gr)

Kalsium (mg)

Fosfor (mg)

Besi (mg)

Air (g)

1500

0,06

40

4,2

0,3

1

5

2,7

0,5

95

Sumber : Susanto (1994)

Manfaat tomat yang dikenal untuk kesehatan adalah – penurunan penyakit jantung dan berbagai kanker. Kandungan lycopene dalam tomat mencegah terhadap sinar UV yang berbahaya. Tomat juga bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan tulang. Tomat kaya akan vitamin dan mineral. Isi vitamin C membantu dalam mencegah kerusakan pada sel-sel, pembuluh darah dll Karena kandungan asam nikotinat mereka membantu perokok kebiasaan menyingkirkan kebiasaan merokok. Inklusi mereka dalam kebiasaan makanan sehari-hari berperan dalam mengurangi kanker terutama pada saluran pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, bangsal dari banyak penyakit dan mengurangi risiko stroke jantung pada multifold. Kaya warna merah tidak kebetulan. Hal ini disebabkan keberadaan lycopene-rantai terbuka jenuh karotenoid. Lycopene merupakan salah satu antioksidan yang sangat efektif penyerapan dalam sel-sel tubuh yang maksimal. Ini telah membantu memberikan kekuatan kepada fungsi paru-paru,, pankreas usus hati, dan kelenjar prostat. Antioksidan mempertahankan kemudaan dengan cara mempertahankan integritas sel. Mereka melakukannya dengan menangkap radikal oksigen bebas dibebaskan dari makanan yang teroksidasi dalam sel. Oksigen radikal bebas yang mampu berikutnya kerusakan pada sel-sel tetangga.

Hal ini tidak hanya tomat, tetapi juga makanan tomat berbasis seperti saus, ketchups dan jus yang bernilai gizi banyak. Bahkan beta karoten dan antioksidan dikalikan dalam kasus saus tomat / saus dan jus karena lycopene terkonsentrasi di dalamnya.
Tomat adalah zat alami dan membantu mengurangi kolesterol darah dan trigliserida serum. Mereka mengandung vitamin K dan membantu mencegah perdarahan dan pembekuan darah. Ini membantu penipisan darah. Selain tomat yang diperkaya dengan Vitamin tipe A, C, tiamin, niasin, asam folat, kalsium, zat besi, kalium dan flavonoid berbagai. Selain dengan Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan, tomat yang kaya akan kalori ini dapat membantu penggunanya dalam pengurangan berat badan.
Lycopene mencegah terjadinya stroke jantung dan menjaga struktur kapiler utuh. Senyawa tak jenuh ini terbuka mencegah oksidasi low density lipoprotein dalam diet, juga disebut sebagai LDL atau kolesterol jahat yang mewujud secara eksternal dalam bentuk plak. Yang terakhir ini disimpan di sepanjang dinding bagian dalam arteri membuat mereka sempit, kaku sehingga menghambat aliran bebas darah dan dengan demikian menyebabkan stroke.

artikel

No Comments to “Tomat (Solanum lycopersicum L)”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*