Home » artikel » Kacang Hijau (Vigna Radiate)

Kacang Hijau (Vigna Radiate)

25 September 2015

Kacang Hijau (Vigna Radiate)

Di Indonesia sebaran daerah produksi kacang hijau adalah di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara dll, Pulau jawa merupakan penghasil utama kacang hijau di Indonesia. (Royani,2012)

Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong polongan (fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legume, setelah kedelai dan kacang tanah.(Royani,2012)

Tanaman kacang hijau berbatang tegak dengan ketinggian sangat bervariasi, antara 30-60 cm, cabangnya menyamping pada bagian utama, berbentuk bulat dan berbulu. Warna batang dan cabangnya memiliki dua jenis yaitu hijau dan ungu. Dalam dunia tumbuhan tanaman ini diklasifikasikan sebagai berikut: (Eskin 1979)

Divisi               : Spermatophyta

Sub Divisi      : Angiospermae

Kelas               : Dicotyledone

Ordo                : Rosales

Family            : Leguminosae (fabaceae

Genus              : Vigna

Spesie             : Vigna Radiate atau Phaseolus radiates

Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sebesar 22% dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut nilai kandungan gizi kacang hijau per 100 gr : (Progressio, 2003).

Tabel Kandungan gizi kacang hijau per 100 gr bahan

Kandungan Gizi

Kacang Hijau

Kalori (Kal)

323

Protein (g)

22

Lemak (g)

1,5

Karbohidrat (g)

56,8

Kalsium (mg)

223

Zat Besi (mg)

7,5

Fosfor (mg)

319

Vitamin A (SI)

157

Vitamin B1 (mg)

0,46

Vitamin C (mg)

10

Air (g)

15,5

artikel

No Comments to “Kacang Hijau (Vigna Radiate)”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*