Home » artikel » Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius)

Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius)

4 September 2015

Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius)

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Arecidae                                                                                                                                         Ordo: Pandanales
Famili: Pandanaceae
Genus: Pandanus
Spesies: Pandanus amaryllifolius Roxb.

Daun pandan merupakan daun tunggal duduk dengan pangkal memeluk batang dan biasanya tersusun tiga helai pada batang secara spiral. Salah satu ciri khas daun pandan adalah menimbulkan bau harum jika diremas remas. Daun pandan pada umumnya digunakan sebagai rempah yang berfungsi untuk memberikan warna hijau pada makanan dan juga dipakai untuk memberikan aroma harum pada makanan yang sering kita makan agar segar dan wangi.

Menurut Rohmawati dalam penelitiannya (1995) menunjukkan bahwa kandungan kimia daun pandan wangi adalah senyawa pahit berupa polifenol, flavonoid, saponin,  dan alkaloid. Ternyata penelitian lain oleh Jhonny (1991) juga disebutkan  bahwa kandungan zat kimia dalam daun pandan wangi adalah alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, dan polifenol. Kandungan zat kimia seperti senyawa tannin, flavonoid, saponin, alkaloid, dan polifenol merupakan senyawa metabolit sekunder pada tumbuhan yang bersifat sebagai antibakteri (Robinson, 1995).  Hal ini dibuktikan pada beberapa penelitian, bahwa daun ceplukan yang sebagian besar mengandung polifenol dan flavonoid mampu menghambat pertumbuhan bakteri  Pseudomonas aeruginosa  (Rianna, 2004).

 

artikel

No Comments to “Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius)”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*