Home » artikel » Kupang Beras (Corbula faba)

Kupang Beras (Corbula faba)

Kupang

Kupang tergolong jenis kekerangan (bivalvia shell) yang termasuk dalam kelas kelas Pelecypoda (berkaki kapak), bercangkang belah, dengan insang yang berlapis-lapis seperti jala. Kupang hidup secara bergerombol di dasar perairan khususnya di daerah muara sungai berlumpur yang relatif dekat dengan daratan pantai dan dipengaruhi oleh gerakan pasang-surut air laut (Subani et al. 1983). Ada dua jenis kupang yang biasa ditangkap oleh penangkap kupang yaitu Kupang Putih atau Kupang Beras (Corbula faba) dan Kupang Merah (Musculita senhausia). Kupang Putih atau Kupang Beras yang bercangkang lebih keras hidup bebas di bagian bawah dasar perairan, sedangkan Kupang Merah yang ukurannya relatif lebih besar dari Kupang Putih dengan kulit lebih tipis hidup melekat di permukaan dasar perairan bersama bysusnya (Purwati, 2004).Kupang putih diklasifikasikan sebagai berikut (Prayitno dan Susanto, 2002):

Filum     : Molusca

Kelas     : Pelecypoda

Ordo      : Vilobransia

Famili     : Corbula

Spesies : Corbula faba H

Kupang Putih mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan Kupang Merah yaitu daya tahan hidupnya lebih panjang yaitu sekitar 24 jam, lebih cepat menyesuaikan diri pada udara bebas, sedikit bergerak dan jika mati kulitnya tidak membuka sehingga tidak begitu menimbulkan bau. Bentuk dari Kupang Putih dapat dilihat pada Gambar 2.1. Lingkungan perairan Kupang Putih kebanyakan terdapat diantara 2–4 mil dari daratan pantai yang landai. Pada waktu air surut kedalamannya berkisar 0,30-0,75 m, sedangkan pada waktu air pasang kedalamannya mencapai 3-4 m. Pada waktu air surut suhu rata-rata adalah 28,57 oC, sedangkan kadar garamnya adalah 24,27%. Pada waktu air pasang (mulai pasang) suhu rata-ratanya adalah 28,70 oC, sedangkan kadar garamnya adalah 29,32% (Subani et al, 1983).

Kupang Putih sebagai salah satu sumber protein hewani mangandung protein yang cukup tinggi, dalam rangka menunjang peningkatan gizi masyarakat dari protein hewani, Kupang Putih dapat digunakan sebagai salah satu alternatif sumber protein. Adapun kandungan gizi dari berat basah daging Kupang Putih dapat dilihat pada Tabel berikut:

Tabel Kandungan Gizi Daging Kupang Putih (Corbula faba Hinds)

Kandungan Gizi

Kupang Putih (%)

Air

72,96

Protein

    9,054

Lemak

  1,50

Abu

  3,80

Sumber: Baswardono (1983)

artikel

No Comments to “Kupang Beras (Corbula faba)”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*