Home » artikel » Ikan Teri (Stolephorus indicus)

Ikan Teri (Stolephorus indicus)

Ikan Teri (Stolephorus indicus) 

Ikan teri terutama berukuran kecil dengan panjang sekitar 6-9 cm, namun ada pula yang mempunyai ukuran relatif panjang hingga mencapai 17,5 cm. Ikan teri mempunyai ciri ciri antara lain bentuk tubuhnya panjang (fusiform) atau termampat samping (compressed), disamping tubuhnya terdapat selempeng putih keperakan memanjang dari kepala sampai ekor. Gigi giginya terdapat pada rahang, langit langit dari pelatin dan mempunyai lidah (Hoetomo et al. 1987 dalam Wahyuni 1999).

Klasifikasi Ikan Teri

Adapun klasifikasi ikan teri menurut Saanin (1984) adalah sebagai berikut:

Filum               : Chordata

Kelas               : Pisces

Subkelas         : Teleostei

Ordo                : Malacopteygii

Famili              : Clupeidae

Subfamili       : Engraulidae

Genus              : Stolephorus

Spesies             : Stolephorus indicus (Van Hasselt, 1983)

Nama umum   : Indian Anchovy

Nama lokal      : Teri putih

Komposisi Kimia dan Kandungan Gizi Ikan Teri

 Ikan teri mengandung protein, mineral, vitamin, dan zat gizi lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecerdasan. Protein teri nasi mengandung beberapa macam asam amino esensial. Adanya variasi dalam komposisi kimia maupun komposisi penyusunnya disebabkan karena faktor biologis dan alami. Faktor biologis antara lain jenis ikan, umur dan jenis kelamin. Faktor alami yaitu faktor luar yang tidak berasal dari ikan, yang dapat mempengaruhi komposisi daging ikan. Golongan faktor ini terdiri atas daerah kehidupannya, musim dan jenis makanan yang tersedia (Muchtadi dan Sugiyono, 1989).

Bahan baku ikan teri harus bersih, bebas dari setiap bau yang menandakan pembusukan, bebas dari tanda dekomposisi dan pemalsuan, bebas dari sifat sifat alamiah lain yang dapat menurunkan mutu serta tidak membahayakan kesehatan. ikan teri yang akan diolah harus dari mutu yang baik dan cocok bagi konsumen, sekurang kurangnya sebagai berikut (SNI 01-3466-1994) :

Rupa dan warna:Utuh, putih, kebiruan dan cemerlang

Bau                        : Segar dan agak harum

Daging                  : Kenyal, berserat halus

Rasa                      : Netral agak manis

untuk mempertahankan mutu ikan teri nasi, bahan baku harus cepat diolah. Apabila terpaksa menunggu maka ikan teri nasi harus disimpan dengan es atau air dingin (0-5oC), saniter dan higienis.

artikel

No Comments to “Ikan Teri (Stolephorus indicus)”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*