Home » artikel » Uncategorized » Porang (Amorphophallus oncophyllus)

Porang (Amorphophallus oncophyllus)

Porang (Amorphophallus oncophyllus)

Porang (Amorphophallus oncophyllus) adalah golongan Araceae asli Indonesia yang banyak tumbuh secara liar di hutan-hutan pulau Jawa, sehingga di Jepang dikenal sebagai “Jawa Mukago Konyaku”. Porang merupakan tumbuhan semak yang mempunyai umbi di dalam tanah. Tumbuhan ini tumbuh dengan baik pada tanah yang mempunyai ketinggian 400-800 m dari permukaan laut, di daerah tropis dan subtropis yang bersuhu 25-30°C. Jenis tanah yang cocok adalah tanah liat berpasir dengan pH 6-7 (Anonymous, 2006a).

Umbi porang mempunyai daya simpan yang pendek.  Pada bulan pertama jika umbi porang disimpan pada suhu ruang 25-30°C, akan kehilangan berat sekitar 25%.  Tetapi apabila disimpan pada suhu 10°C, dapat tahan berbulan-bulan.  Kadar air umbi porang relatif tinggi, antara 70-85% yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian dalamnya oleh aktivitas enzim.  Penyimpanan umbi porang sebaiknya dilakukan dalam bentuk produk kering dan pengolahan umbi segar menjadi produk kering harus dilakukan secepat mungkin (Anonymous, 2008).

Bagian yang penting dari tanaman porang ini adalah umbi batangnya yang terletak di dalam tanah. Umbi porang mengandung glukomanan yang tergolong sebagai senyawa polisakarida serta tinggi kandungan serat pangan larut air yang baik untuk kesehatan (Wang dan Johnson, 2006).

Uncategorized

No Comments to “Porang (Amorphophallus oncophyllus)”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*