Home » artikel » Uncategorized » Belimbing Manis (Averrhoa carambola)

Belimbing Manis (Averrhoa carambola)

Belimbing Manis (Averrhoa carambola)

Belimbing manis (Averrhoa carambola) merupakan jenis buah tropis yang saat ini banyak dibudidayakan di Florida, Hawai, South America, Australia, dan hampir di seluruh bagian negara di asia tenggara, dan dudah sejak beberapa ratus tahun yang lalu dibudidayakan di Indonesia, Srilanka, dan Malaysia. Belimbing juga dikenal dengan berbagai nama antara lain: carambola, belimbing, dan bilimbi (Annonymous 2009). Pada umumnya belimbing ditanam dalam bentuk kultur pekarangan (home yard gardening), yaitu diusahakan sebagai usaha sambilan sebagai tanaman peneduh di halaman-halaman rumah. Di kawasan Amerika, buah belimbing dikenal dengan sebutan “star fruits”, hal ini dikarenakan bentuk buahnya seperti bintang.

Dalam taksonomi tumbuhan, belimbing dilasifikasikan sebagai berikut:

1)      Kingdom : Plantae (tumbuh-tumbuhan)

2)      Divisi : Spermatphyta (tumbuhan berbiji)

3)      Sub-divisi : Angiospermae (berbiji tertutup)

4)      Kelas : Dicotyledone (biji berkeping dua)

5)      Ordo : Oxalidales

6)      Famili : Oxalidaceae

7)      Genus : Averrhoa

8)      Spesies : Averrhoa carambola L. (belimbing manis) (Annonymous,2007).

Pohon belimbing memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50cm, bunga berwarna merah muda yang umunya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5m. Tidak seperti tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohon belimbing sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh lebah (Annonymousb,2008).

Buah belimbing memiliki bentuk memanjang atau lonjong dan bersegi lima. Ukuran buah beragam mulai dari yang terkecil hingga terbesar seberat 400 gram atau lebih, tergantung pada varietas atau klon dan teknik perawatannya. Buah belimbing matang berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C (Salunkhe and Kadam, 1995)

Di Indonesia dikenal cukup banyak ragam varietas belimbing, diantaranya varietas Sembiring, Siwalan, Dewi, demak kapur, Demak kunir, Demak jingga, Pasar minggu, Wijaya, Paris, Filipina< Taiwan, Bangkok, dan varietas Malaysia. Tahun 1987 telah dilepas dua varietas belimbing unggul nasional yaitu: varietas Kunir dan Kapur.

Ciri dari belimbing manis unggul adalah bentuknya besar, warnanya menarik, seratnya halus, berair banyak, dan rasanya manis. Buah ini enak dimakan dalam segar maupun dalam bentuk jus dan produk olahan lainya (Anin,2008). Adapun kandungan gizi buah belimbing menurut adalah:

 

Tabel 1. Kandungan Gizi dalam Buah Belimbing tiap 100 gram Bahan Segar

NO.

JENIS

SATUAN

JUMLAH

1.

Energi

Kal

35,00

2.

Protein

G

0,50

3.

Lemak

G

0,70

4.

Karbohidrat

G

7,70

5.

Kalsium

Mg

8,00

6.

Fosfor

Mg

22,00

7.

Serat

G

0,90

8.

Besi

Mg

0,80

9.

Vitamin A

RE

18,00

10.

Vitamin B1

Mg

0,03

11.

Vitamin B2

Mg

0,02

12.

Vitamin C

Mg

33,00

13.

Niacin

G

0,40

Sumber : BPPHP (2002)

Uncategorized

No Comments to “Belimbing Manis (Averrhoa carambola)”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*